Pentingnya Melakukan Penilaian Karyawan Menggunakan Aplikasi Karyawan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Penilaian karyawan atau biasa disebut dengan penilaian kinerja karyawan adalah evaluasi atau pengamatan terhadap kinerja karyawan yang dilakukan secara berkala. Hasilnya digunakan untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan kemampuan karyawan serta kontribusi yang dihasilkan untuk perusahaan. Penilaian karyawan merupakan salah satu kegiatan penting dalam suatu perusahaan yang memiliki tujuan dan manfaat yang besar bagi karyawan dan perusahaan.

Keuntungan yang Didapatkan dari Penilaian Karyawan

Setelah sebelumnya Anda mempelajari terkait apa itu penilaian karyawan, tujuan dan jenis – jenisnya. Suatu perusahaan melakukan penilaian kinerja karyawan tentu saja bukan tanpa alasan. Dengan melakukan penilaian kinerja dapat memberikan berbagai keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan dengan dilakukannya penilaian kinerja.

  1. Mendapatkan Promosi

Dengan adanya penilaian kinerja karyawan, maka supervisor atau manajer akan lebih mudah untuk mengetahui kinerja karyawan. Karena itu, dari hasil yang didapatkan akan mempermudah mereka untuk memberikan promosi kepada karyawan. Jika sekiranya memiliki kinerja efektif akan lebih dipertimbangkan untuk mendapatkan promosi. Sedangkan, bagi karyawan yang memiliki kinerja kurang efektif bisa dipertimbangkan untuk diberhentikan atau bahkan diberikan penurunan pangkat.

  1. Kompensasi untuk Karyawan

Hasil dari analisis penilaian kinerja karyawan dapat memudahkan perusahaan memberikan kompensasi kepada karyawan. Dari hasil penilaian kinerja karyawan dapat dengan mudah diketahui karyawan mana saja yang  memiliki kinerja di atas rata – rata dan karyawan yang kinerjanya dibawah rata-rata. Dengan hasil tersebut perusahaan dapat dengan mudah memberikan karyawan – karyawan yang sesuai untuk mendapatkan kompensasi.

  • Bagikan