Gempa M 4,5 Guncang Kabupaten Selayar, Dirasakan di Pulau Jampea dan Takabonerate

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SELAYAR – Gempa berkekuatan M 4,5 mengguncang Kabupaten Selayar, Sulsel, sekitar pukul 01.32 Wita, Jumat (28/10/2022) dini hari tadi.

BMKG Makassar menyebutkan, episenter gempa Selayar terletak pada koordinat 7.20 LS 121.22 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 128 km Tenggara Selayar-Sulawesi Selatan, dengan kedalaman 10 KM.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, gempa Selayar menunjukkan bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif yang berdekatan dengan pusat episenter,” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet.

Dampak gempa Selayar dirasakan di Pulau Jampea dan Takabonerate III MMI atau getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Selayar,” katanya.

Sekitar pukul 02.00 Wita, hasil monitoring BMKG juga mencatat telah terjadi adanya aktivitas gempa susulan (aftershock) sebanyak 1 kali di Kabupaten Selayar.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutupnya. (pojoksulsel/fajar)

  • Bagikan