Keadilan dan Sportivitas (Tinjauan Kasus FS dan Kanjuhuran)

  • Bagikan

Untuk anak yang memperoleh pendidikan tingkat Menengah (SMP/SMA)tidak sama dengan anak yang tingkat SD. Untuk anak tingkat jenjang menengah biayanya lebih tinggi karena mereka butuh beli buku yang agak mahal serta mereka lebih mengenal istilah extra kurikuler sehingga pulang agak sore dan perlu tambahan uang jajan.

Demikian juga dalam dunia kerja penghasilan berbanding lurus dengan kinerja. Untuk itu kemampuan dan ketrampilan yang menghasilkan suatu produksi seimbang dengan gaji yang diperoleh. Dengan memperoleh itu seseorang telah merasakan memperoleh keadilan.

Sportivitas

Mengutip Beller dan Stoll dalam bukunya Sumber Daya Manusia Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi (2020) Sportivitas berarti perilaku yang menunjukkan sikap hormat dan adil terhadap orang lain serta sikap menerima dengan apapun hasil dari dari sebuah pertandingan.

Diuraiakan diatas pertandingan maka ini dikonotasikan dengan dunia olahraga karena ini yang paling gampang terjelaskan arti penting Sportivitas. Ini nampak pada setiap tournament setiap cabang olah raga kita selalu membaca Junjung Tinggi Sportivitas.

Menurut Kamus BesarBahasa Indonesia , Sportivitas adalah sikap adil ( jujur) terhadap lawan, sikap mengakui keunggulan, kekuatan, kebenaran lawan atau mengakui kekalahan, kelemahan, kesalahan sendiri.

Dalam praktek di lapangan kita menjabarkan kepada kita mengakui kekurangan pada diri sendiri serta mengakui kelebihan orang lain. Untuk lebih gampangnya kita mengakui kemenangan orang lain dan mengakui kekalahan pada diri sendiri.

  • Bagikan