Alokasi Kursi di Pileg Wajo 2024 Tetap 40, Begini Tanggapan Parpol

  • Bagikan
Gedung DPRD Wajo.

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Alokasi kursi di Pileg 2024 Kabupaten Wajo sepertinya masih bertahan 40 kursi. Para Partai Politik (Parpol) lebih senang dengan kondisi itu.

Sebagaimana diketahui, jumlah anggota DPRD Wajo pada periode 2019-2024 sebanyak 40 kursi. Namun, di tahun 2021 lalu, alokasi tersebut berpotensi berkurang. Lantaran jumlah penduduk, masih di bawah angka 400.001 jiwa.

Berdasarkan data dihimpun FAJAR pada di website gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/. Hingga 30 Juni 2022. Jumlah penduduk tercatat 400.118 jiwa.

Terkait hal itu, Ketua DPC PPP Wajo Sufriadi Arif mengaku, gembira atas seiring meningkatnya jumlah penduduk Wajo menjelang perhelatan pesta demokrasi serentak 2024.

"Tentu dong. Pasti sangat setuju," ujarnya, Minggu, 30 Oktober.

Dengan ajeknya alokasi 40 kursi, menurutnya diharapkan dapat mengembalikan kejayaan partai berlambang kabbah itu. Seperti pada sebelumnya, 2014 - 2019. PPP masuk dalam unsur pimpinan, dengan perolehan 6 kursi.

"Jika semakin jumlah kursi, maka potensi memang besar. Saya optimis PPP bisa kembali mendapatkan unsur pimpinan, sisa kita mengatur strategi, konsolidasi partai, dan komposisi caleg. Beberapa tokoh masyarakat, pengusaha dan aktivis siap nyaleg di PPP," terangnya.

Sementara, Sekretaris DPD PAN Wajo, Elfrianto mengemukakan, juga mencapai rasa syukur. Sebab dengan bertahannya 40 kursi memberikan keuntungan bagi masyarakat.

"Dengan banyaknya perwakilan masyarakat Wajo di legislatif. Tentu banyak pula memperjuangkan kepentingan rakyat, mengawal, dan mengawasi proses jalannya pembangunan dan roda pemerintahan untuk kemajuan daerah," nilainya.

  • Bagikan