Bupati Chaidir Syam Jadi Narasumber pada Konferensi ASEAN Heritage Parks VII

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Bupati Maros, AS Chaidir Syam, menghadiri Konferensi ASEAN Heritage Parks (AHP) ke-7, yang berlangsung pada 31 Oktober – 3 November 2022 di Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, Program ASEAN Heritage Parks (AHP) merupakan salah satu program percontohan dari ASEAN. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengelola kawasan yang kaya dengan keanekaragaman hayati secara efektif, mempromosikan kerja sama yang lebih besar di antara negara-negara Anggota ASEAN (AMS) dalam melestarikan dan mengelola kawasan lindung.

Bupati Maros dalam kesempatan itu juga menjadi narasumber dalam sesi talkshow sebagai daerah inspiratif dalam kerja sama dengan Taman Nasional dalam pengelolaan Herritage park Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Ia hadir bersama Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Yusak Mangetan, pada rabu (2/11/2022).

Di depan ratusan Delegasi ASEAN, Chaidir Syam memaparkan potensi kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang dimiliki Maros khususnya Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Ia pun menjelaskan bagaimana strategi dan sinergi Pemerintah Kabupaten Maros bersama pengelola TN Babul dalam perlindungan ekosistem dan pemulihan pandemi melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan dan menerapkan pengelolaan ekosistem, strategi restorasi, dan membangun ketahanan.

Di samping itu, Chaidir Syam juga menyampaikan pencapaian terbaru yang diraih Pemerintah Kabupaten Maros bersama seluruh stakeholder terkait dalam menjadikan Kawasan Karst Maros Pengkep menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark.

  • Bagikan