Janji Politik Bupati ASA Bangun RPH Modern Berstandar Nasional Terealisasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Janji politik Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus direalisasikan menjelang lima tahun kepemimpinannya. Tahun ini, salah satu program yang akan diwujudkan adalah pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) modern berstandar nasional.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Burhanuddin, mengatakan pembangunan RPH modern ini berlokasi di Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan. Total anggaran yang digelontorkan mencapai Rp4,7 miliar yang terdiri dari Rp2,96 miliar untuk gedung dan Rp1,8 miliar untuk peralatan.

Disebut modern karena peralatan yang akan digunakan adalah berbasis mesin. Mulai dari pemotongan, pengulitan, dan berbagai peralatan mesin lainnya. "Kalau yang di kota kita punya RPH masih manual, yang ada di Sinjai Selatan ini pakai mesin dan hasilnya menjadi daging beku karena kita masukkan dalam lemari dingin," kata Burhanuddin, Jumat, (4/11/2022).

Selain itu, daging yang diproduksi dipastikan berstandar nasional dengan disertai Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Sehingga, produksi sapi dipastikan aman dan memenuhi syarat untuk dikirim keluar daerah hingga luar provinsi. "Akan dilengkapi dengan SNI, jadi produk sapi yang dihasilkan dari RPH modern ini dipastikan berstandar nasional," terangnya.

Pembangunan RPH modern merupakan gagasan cemerlang Bupati ASA untuk mendukung pembentukan kawasan peternakan sapi potong yang sebelumnya dibentuk di empat wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sinjai Selatan, Sinjai Timur, Sinjai Borong, dan Kecamatan Tellulimpoe.

  • Bagikan