Sukseskan Program Perisai, BPJamsostek Gandeng Perhiptani Luwu Utara

  • Bagikan

Fajar.co.id, Luwu Utara -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) rupanya memiliki program atau inovasi baru yang diberi nama Perisai BPJamsostek.

Inovasi Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) ini adalah sebuah inovasi yang bertujuan memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kendati demikan, program ini hanya mengakuisisi pekerja dari kalangan pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), seperti petani, nelayan, tukang ojek, pedagang keliling, termasuk para pedagang daring.

Nah, untuk menyukseskan program tersebut, BPJamsostek menggandeng penyuluh pertanian yang tergabung dalam wadah organisasi profesi Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani).

Khusus di Provinsi Sulawesi Selatan, BPJamsostek menggandeng 3 DPD Perhiptani, yaitu DPD Perhiptani Makassar, DPD Perhiptani Toraja dan DPD Perhiptani Luwu Utara.

Alasan digandengnya DPD Perhiptani, karena organisasi yang di dalamnya terhimpun seluruh penyuluh pertanian ini memiliki kedekatan secara emosional dan sosial dengan para petani di lapangan.

“Teman-teman di Perhiptani ini kan terjun langsung di akar rumput, selain juga karena lebih dekat secara emosional dan sosial dengan mereka,” kata Account Representatif BPJamsostek Perwakilan Luwu Utara, Samuel EH. Sinaga, saat berbicara di hadapan pengurus DPD Perhiptani Luwu Utara pada Sosialisasi Program Perisai, Jumat (4/11/2022), di Kantor BP
Samuel mengatakan, potensi dan jumlah petani di Luwu Utara begitu besar, sehingga implementasi dari inovasi ini juga sangat relevan, dengan harapan cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial bagi petani dapat diperluas.

  • Bagikan