Pelatihan Perkoperasian, Bupati Barru: Mau Eksis Jangan Berhenti Berinovasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., membuka secara resmi Pelatihan Perkoperasian DAK Nonfisik Kabupaten Barru Angkatan IV dan V Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PK2UMK) ini, digelar di Hotel Denpasar, Kota Makassar, pada Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh Pemda Barru melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Barru selaku dinas teknis dan sekaligus mengalokasikan anggaran setiap tahunnya.

Hal Ini merupakan langkah dan kebijakan Pemda Barru dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM bagi para pengurus koperasi.

Menurut Bupati Barru, Suardi Saleh , diera globalisasi saat ini, persaingan usaha semakin tinggi. Olehnya itu, koperasi harus melakukan perubahan atau inovasi-inovasi yang bisa menjawab persaingan tersebut, sehingga bisa tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat, khususnya oleh anggotanya.

"Hal tersebut dapat diwujudkan apabila pengurus koperasi memiliki sumber daya manusia yang profesional, memiliki keahlian dan kemampuan manajerial dalam mengelola koperasi dan usahanya secara baik dan benar serta akuntabel", kata Suardi Saleh dihadapan Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Barru, para Narasumber, Panitia pelaksana, dan Peserta pelatihan.

Bupati dua periode ini menerangkan, dalam rangka pemberdayaan koperasi perlu ditempuh beberapa strategi dan kebijakan diantaranya; melakukan revitalisasi koperasi dari beberapa koperasi yang ada di Kabupaten Barru, terutama di daerah pedesaan yang masih belum terlihat adanya manfaat bagi anggota koperasi itu sendiri.

  • Bagikan