Yayasan Hadji Kalla Dorong Percepatan Akreditasi PAUD

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla (YHK) turut mendorong percepatan akreditasi PAUD di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar, Maros dan Gowa. Bentuk dukungan yang diberikan ialah pendampingan hingga membantu untuk memenuhi persyaratan Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD.

Sebagai langkah awal, YHK melalui program Educare telah menggelar Bimtek Akreditasi PAUD Terakreditasi dan Mandiri di Sekolah Islam Athirah, Jl Kajaolalido, Kota Makassar, Sabtu (5/11/2022). Kegiatan ini juga didukung pelatih dan pendamping yang berasal dari Balai PAUD Sulsel, BAN PAUD Sulsel dan Ikatan Guru Honorer Indonesia (IGHI) Sulawesi Selatan.

Kepala Seksi Kurikulum Kemenag Sulsel, Muhammad Qasim, mengatakan, kendala utama yang dihadapi PAUD saat ini memang masih disebabkan oleh keterbatasan biaya operasional. Misal, jika dilihat dari jumlah SDM, sangat jarang PAUD yang memiliki tenaga pembina yang lengkap. Sementara kelengkapan tenaga pembina sudah menjadi standar persyaratan akreditasi.

Menurutnya, kemajuan lembaga tingkat RA/TK memang tak cukup bila hanya didukung oleh pemerintah. Mereka membutuhkan kegiatan pendampingan seperti yang digelar YHK tersebut, khususnya penguatan akreditasi.

"Kami sadari betul masih sangat banyak lembaga-lembaga PAUD belum terakreditasi secara baik. Itu artinya bahwa kita masih butuh pendampingan dalam mekasimalkan kondisi PAUD kita. Untuk itu, kita sangat men-support lembaga yang turut prihatin dengan lembaga PAUD kita dalam rangka mendorong percepatan akreditasi," ungkap Qasim.

  • Bagikan