Wakil Bupati Maros Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, resmi dikukuhkan sebagai bunda literasi pada Selasa, 8 November 2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Pengukuhan ini dilalukakan langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Suhartina mengaku berbagai program kerja telah disiapkan setelah pelantikan ini.

"Selanjutnya akan dimatangkan lalu dijalankan dalam waktu dekat. Kita akan kukuhkan bunda literasi di 14 kecamatan, setelah itu kami akan lakukan rapat kerja," ungkap mantan Anggota DPRD Maros ini.

Setelah diadakan rapat kerja, kata dia, pihaknya akan merumuskan programnya, terutama program yang jelas tujuan dan targetnya.

"Kita menemukan banyak permasalah ditiap kecamatan. Salah satunya buta aksara lansia yang akan kita carikan solusinya," sebutnya.

Lebih lanjut kata dia, untuk mengurangi angka buta huruf di sejumlah kecamatan, mantan anggota DPRD Maros itu telah menyiapkan strategi-strategi khusus.

Apalagi kata dia, lansia di desa-desa susah dikumpulkan dalam satu tempat.

"Kita siap jemput bola ditiap kecamatan, dan menyiapkan tenaga pengajar yang besar," paparnya.

Sebelumnya, Suhartina juga ingin setiap desa punya perpustakaan. Tetapi, dengan konsep yang menarik. Pergantian buku juga mesti teratur dan tidak melulu harus kaku.

"Kalau perlu kita ubah konsep perpustakaan yang kaku menjadi lebih ke alam. Seperti tempat bacanya kita tempatkan pada gazebo-gazebo," jelasnya.

Sementara itu Bupati Maros, AS Chaidir Syam menjelaskan kalau pengukuhan bunda literasi untuk mempercepat Kabupaten Maros menjadi kabupaten literasi.

  • Bagikan