Wadah Bagi Disabilitas, Dinas Sosial Maros dan Yayasan BaKTI Bentuk Fordisma

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dinas Sosial bersama Yayasan BaKTI melalui program inklusi menggelar kegiatan pembentukan Forum Disabilitas Maros (Fordisma) Selasa, 15 November di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Dimana Fordisma ini nantinya diharapkan sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Maros. Sehingga ketika ada permasalahan mereka memiliki ruang.

Kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang perwakilan disabilitas.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadi, Selasa, 15 November 2022.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melahirkan forum disabilitas di Kabupaten Maros.

"Jadi ini sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Maros. Karena selama ini belum ada forum ditingkat Kabupaten," katanya.

Melalui kegiatan ini akan lahir forum disabilitas Maros yang nantinya dilibatkan untuk duduk bersama Pokja lainnya dalam pembahasan Peraturan Bupati terkait Disabilitas.

"Forum ini nanti bermuara ke lahirnya Komisi Disabilitas Daerah (KDD) melanjutkan Komisi Nasional Disabilitas yang sudah terbentuk di tingkat Pusat," katanya.

Selama ini kata dia, sudah ada organisasi disabilitas secara parsial. Hanya saja untuk ditingkat Kabupaten yang menanungi keseluruhan dari penyandang disabilitas itu belum ada.

"Sementara dalam waktu dekat kita akan menindaklanjuti Perda Nomor 6 tahun 2018 yang selanjutnya akan dibuatkan Perbup. Nah salah satu syaratnya itu harus ada Pokja. alangkah anehnya jika dibentuk Perbup Disabilitas tapi tidak ada perwakilan di pokja disabilitas. Makanya kita duduk membahas ini bersama-sama," ungkapnya.

  • Bagikan