Bupati ASA Buka Bimtek BPD Jelang Pilkades Serentak

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023 di Kabupaten Sinjai,mulai dilaksanakan. Salah satunya dengan membekali anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Puluhan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 13 Desa yang bakal melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023 di Kabupaten Sinjai mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula pertemuan Grand Rofina, dibuka Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), didampingi Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Drs. Yuhadi Samad, Sabtu (19/11/2022).

Bupati ASA mengatakan, Bimtek yang dimulai dari anggota BPD sebagai salah satu pelaksana pemilihan di desa sangat perlu dilakukan agar mereka bisa memahami regulasi Pilkades dan menjadi garda terdepan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Sinjai.

Menurutnya, bimtek ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam mensukseskan Pilkades serentak dengan melakukan penguatan koordinasi dengan jajaran Forkopimda hingga ke tingkat Desa.

Olehnya itu, melalui Bimtek tersebut diharapkan anggota BPD mampu bekerja dengan profesional, mengedepankan aturan sehingga persoalan yang muncul pada setiap tahapan dapat diminimalisir demi mencegah konflik yang tumbuh di tengah masyarakat.

“Teman-teman BPD harus mengawal Pilkades damai dengan selalu menjaga netralitas agar ketentraman di desanya selalu terjaga dengan baik. BPD juga harus mengawasi kinerja panitia Pilkades dengan selalu atau aktif memantau progres yang dilakukan oleh panitia di tingkat Desa,” ucap Bupati ASA.

  • Bagikan