Gowa Tuan Rumah Pameran UMKM Pupuk

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA -- Melihat Provinsi Sulsel sebagai lumbung beras Indonesia. Membuat Pupuk Kaltim, menggelar Festival UMKM.

Kabupaten Gowa dipilih sebagai lokasi penyelenggaraannya. Dibuka di Lapangan Sepak Bola Pallangga Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel). Berlangsung Sabtu-Minggu, 19-20 November.

VP Komisaris Korporat Pupuk Kaltim Tommy Johan Agusta mengatakan Pupuk Kaltim mencatat, Sulsel memilik kontribusi 6,6 secara nasional.

"Angka ini mencatat Sulsel sebagai pangsa pasar terbesar di luar Pulau Jawa. makanya dengan Festival UMKM ini, diharap perekonomian masyarakat juga berputar," ucapnya.

Ditambah lagi, memilih Gowa sebab merupakan kabupaten yang tercatat petaninya setia memakai pupuk Kaltim. Hal ini juga menjadi catatan.

"Awalnya kami mau gelar di Takalar, tetapi keadaan tidak kondusif makanya langsung memilih Gowa yang juga sangat berkontribusi," tuturnya.

Komisaris Pupuk Kaltim Gustaaf AC Patty mengatakan Festival UMKM tersebut, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Pupuk Kaltim ke-45 tahun.

"Festival UMKM ini hadir di Sulsel karena melihat daerah ini sebagai lumbung beras di Indonesia. Lalu Gowa juga merupakan kabupaten yang setia memakai produk dari pupuk Kaltim," tuturnya.

Kepala Desa Palangga, Amrah mengaku jika daerahnya dipilih jadi tuan rumah penyelenggaraan festival UMKM, sebab bisa dilihat juga kalau Pallangga memiliki banyak

"Tidak mudah menjadi tuan rumah
Makanya kita buat yang terbaik. Mendatangkan masyarakat ikut meramaikan," tuturnya.

Festival UMKM Pupuk Kaltim menggandeng sekitar 20 UMKM masyarakat sekitar. Selain memberikan hiburan, festival ini diharapkan juga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar.

  • Bagikan