Minat Baca Rendah, Pj Gubernur Akmal Bawa Bantuan Perpusnas ke Sulbar

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--- PJ Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menjajaki kerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Akmal ingin ada peningkatan minat baca dan literasi masyarakat Sulbar.

"Terus terang, secara pribadi , saya sangat prihatin dengan minat baca masyarakat di Sulbar yang sangat rendah. Untuk meningkatkan budaya literasi warga, kami berharap adanya dukungan dari DPR dan juga Perpusnas," ujarnya, Selasa , 22 November 2022.

Kedatangan, Akmal ke Perpusnas-RI merupakan salah satu bagian dari upaya perbaikan tersebut. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri-RI ini berharap masyarakat Sulbar, bisa lebih berkembang, berwawasan, dan berpikiran maju. Terutama untuk generasi muda.

"Budaya literasi bukan hanya sekadar soal baca buku atau menulis, tapi ini terkait dengan wawasan dan cara berpikir, setelah banyak membaca. Budaya literasi yang baik akan membawa cara berpikir lebih baik dan berorientasi untuk maju kedepan," ungkapnya.

Kepala Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando, mengapresiasi hal tersebut. Syarif Bando menegaskan komitmennya untuk memberikan bantuan ke Pemprov Sulbar, berupa bantuan buku. Rencananya bantuan akan diserahkan pada bulan Desember 2022 mendatang.

Penyerahan bantuan dilakukan melalui pertemuan hybrid yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Perpusnas dan Pemprov Sulbar.

"Tahun 2023 nanti ada juga Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpusnas untuk daerah Mamuju Tengah dan Mamasa,” kata dia.

  • Bagikan