Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayananan Publik di Lutra Dinilai BAIK

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA --- Menjelang penghujung 2022, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Bappelitbangda mengukur kinerja pemda dengan melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan survei Kebijakan Publik. Adapun pengambilan data penelitian pada survei ini dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga survei, PT. Citra Publik Indonesia Lingkaran Survei Indonesia Network (CPI-LSI Network).

Survei dilaksanakan selama 75 hari. Data penelitian pada survei ini telah rampung dan hasilnya diseminarkan pada Sidang Tim Pengendali Mutu dan Focus Group Discussion (FGD) di Aula La Galigo Kantor Bupati, Kamis (24/11/2022), yang dibuka secara resmi Bupati Indah Putri Indriani.

Indah mengungkapkan, terdapat tahapan dalam pemerintahan pembangunan, mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi (monev). Survei ini adalah bagian dari tahapan monev, khusus bagi pemberi pelayanan publik di semua sektor.

“Bukan hanya sektor tertentu, tetapi di semua sektor, dengan harapan akan terjadi perbaikan kualitas layanan publik. Jadi, ini evaluasi atas kinerja kita. Itu intinya,” tegas Indah.

Lanjut Indah mengatakan, berdasarkan dokumen hasil survei yang dibacanya secara sekilas beserta informasi dari Direktur PT. CPI-LSI Network, disimpulkan bahwa secara umum terjadi perbaikan atau peningkatan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Pemda Kabupaten Luwu Utara selama kurun waktu setahun.

“Tingkat kepuasan terhadap layanan yang kita berikan mengalami perbaikan yang menurut saya cukup baik. Ini menunjukkan tingkat kepedulian kita ditambah dengan pengembangan kompetensi pemberian layanan yang terus-menerus kita lakukan dengan berbagai pendekatan sudah mulai menunjukkan hasil yang baik pula,” papar Indah.

  • Bagikan