Kukuhkan Profesor Bidang Fisika dan Kimia, Rektor UNM Dorong Akselerasi Pembelajaran Baru

  • Bagikan
Rektor UNM Kukuhkan Dua Guru Besar MIPA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sidang terbuka luar biasa Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam rangka pengukuhan guru besar atau profesor kembali digelar, di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Jl AP. Pettarani Makassar, Kamis 24 November 2022.

Adapun guru besar yang dikukuhkan, Prof. Dr. Pince Salempa, M.Si sebagai guru besar dalam bidang ilmu Kimia, dan Prof. Dr. Dra. Hi. Bunga Dara Amin, M.Ed sebagai guru besar bidang ilmu Pendidikan Fisika.

Sebelum dikukuhkan, Prof Bunga Dara Amin memaparkan hasil penelitiannya berjudul: Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah mahasiswa.

"Penguatan dan kecerdasan yang berbeda sehingga gaya belajar pun pasti beraneka ragam atau berbeda dan bermacam-macam karena perbedaan tingkat dan ragam kecerdasan manusia dengan penggunaan teknologi interaktif," papar dosen Fakultas Matematika dan IPA (F-MIPA) UNM ini.

Prof Bunga Dara Amin menjelaskan pembelajaran dengan hypermedia merupakan bentuk media yang terbaru dan pelopor revolusi pembelajaran penggabungan antara hipertext dan teknologi multimedia interaktif yang tidak hanya menggunakan teks tetapi juga grafik video dan audio.

"Oleh karena itu walaupun melalui telepon dan sambungan kabel media, penggunaan hypermedia akan bermanfaat jika didukung oleh perangkat pembelajaran seperti buku materi dan lembar kerja dengan bentuk kolaborasi atau jejaring mahasiswa yang mempunyai tanggung jawab yang lebih besar atau lebih aktif," jelasnya.

  • Bagikan