Software HR, Definisi, Fitur, Jenis, Serta Manfaatnya untuk Perusahaan

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Software HR adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengolah dan menyimpan data sumber daya manusia dalam skala yang masif.

Data-data tersebut contohnya adalah absensi, jam lembur, cuti atau izin kerja, pembagian gaji, asuransi, pajak, dan hal-hal terkait produktivitas dan performa karyawan lainnya.

Meskipun software ini bisa menggantikan sebagian besar dari tugas tim HR, bukan berarti adanya software HR bisa menggantikan peran dari tim HR itu sendiri.

Software HR mempunyai tujuan utama untuk membantu tim HR perusahaan dalam mengolah data dari para karyawan dengan lebih cepat dan akurat, bukan menggantikannya.

Tim HR mempunyai berbagai macam tugas yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Peran mereka sangat penting dan krusial untuk masa depan dari perusahaan itu sendiri.

Jadi, adanya software ini berguna untuk membantu memastikan pekerjaan tim HR lebih mudah dan akurat dibandingkan dengan menggunakan metode manual.

Fitur-fitur Utama dalam Software HR

1.      Manajemen Waktu & Absensi

HR software mempunyai fitur utama untuk mencatat kehadiran dari setiap karyawan secara otomatis. HR software biasanya telah terintegrasi dengan sistem kehadiran biometrik yang mampu mencatat kehadiran setiap karyawan tanpa perlu dicatat secara manual menggunakan kertas atau spreadsheet.

Data-data yang tercatat terdiri dari kehadiran, jam kerja, jam lembur, dan cuti atau izin kerja. Semua data tersebut akan tercatat dalam sistem secara otomatis dan terintegrasi dengan sistem payroll untuk menghitung jumlah gaji yang akan diterima setiap karyawan.

2.      Manajemen Penggajian atau Payroll

Masih berhubungan dengan fitur yang pertama, fitur kedua dari HR software adalah manajemen penggajian.

  • Bagikan