Pemuda Gereja hingga Mahasiswa KKN Antusias Ikuti Donor Darah Massal oleh Paguyuban Bold Riders Sawerigading

  • Bagikan
Donor Darah Paguyuban Bold Riders Sawerigading

FAJAR.CO.ID, PALOPO – Program donor darah massal ‘Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022’ di Kabupaten Palopo dan Belopa Sulawesi Selatan yang diselenggaran oleh Paguyuban Bold Riders Sawerigading mendapat antuas tinggi dari masyarakat. Semua pihak yang terlibat, mulai dari pemuda gereja, organisasi kepemudaan, komunitas motor, perangkat desa, hingga mahasiswan KKN bersemangat mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini dilaksanakan di 4 titik berbeda. Untuk wilayah Palopo dilaksanakan di Gereja Katolik St. Mikael dan kantor PMI Palopo pada 12 November 2022. Sementara untuk wilayah Belopa digelar di IKM Barambing Desa Buntu Kunyi Kec. Suli Kab. Luwu pada 12 November 2022, dan di Markas Pemuda Pancasila Kec. Suli Kel. Suli Kab. Luwu pada 13 November 2022.

Aksi sosial ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu. Kegiatan ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi.

Program dengan tema ‘KITA adalah Pahlawan’ tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

Untuk di Palopo dan Belopa sendiri, total pendaftar mencapai lebih dari 200 orang, namun hanya 184 orang yang memenuhi syarat medis untuk dimbil darahnya. Sebagian besar terkendala karna Hb (kadar hemoglobin) rendah, tensi darah yang tidak normal, lalu kondisi fisik yang kelelaahan.

  • Bagikan