Mappalili, Bupati Barru: Mari Jaga Komitmen Bersama

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Sesuai dengan tradisi yang dilakukan masyarakat Bugis Kabupaten Barru secara umum sebelum turun sawah adalah melakukan  tudang sipulung atau  musyawarah mappalili.      

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tradisi masyarakat Barru. Selain itu untuk  mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat atau petani di Kab Barru.     

Tudang sipulung atau Mappalili musim tanam 2022-2023 Se Kabupaten Barru   dirangkaikan peresmian dan pemanfaatan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tanete Rilau oleh Bupati Barru Ir H.Suardi Saleh,M.Si di  Kantor BPP Kecamatan Tanete Rilau,(28/11/2022).

Pada kesempatan itu juga   Bupati Barru melakukan  penandatanganan Kerjasama Tani antara Pemerintah Daerah dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pemberian penghargaan pada kelompok tani dan penyuluh berprestasi, penghargaan pada kelompok tani dengan hasil ubinan tertinggi dan penghargaan pada kelompok IP 300/IP 400 serta penyerahan obat-obatan dan desinfektan pada 7 Kecamatan.

Adapun Tema yang diusung dalam kegiatan ini, Melalui Musyawarah Tudang Sipulung /Mappalili kita wujudkan rumusan inovatif,produktif dan kolaboratif sebagai gerakan luas tambah tanam (LTT) musim tanam 2022/2023 menuju pertanian yang maju, moderen dan mandiri.

Arahan Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh mengungkapkan rasa syukur karena Tudang Sipulung Mappalili bisa dilaksanakan hari ini.

Ditengah Pandemi Covid 19, Alhamdulillah sektor pertanian memberikan kontribusi besar bagi perekonomian di Barru selama masa pandemi Covid-19, ungkapnya

  • Bagikan