Pengguna Naik Lima Kali Lipat, Tokopedia Affiliate Program Buka Peluang Jadi Influencer Berkomisi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Sejak awal 2022, Tokopedia melalui Tokopedia Affiliate Program mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial. Mengingat di era social commerce, masyarakat cenderung mencari informasi/inspirasi sambil belanja atau sebaliknya.

“Animo masyarakat terhadap Tokopedia Affiliate Program sangat tinggi. Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate naik hampir 5 kali lipat di kuartal III 2022 dibandingkan dengan kuartal I 2022,” kata AVP of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Manfaat Tokopedia Affiliate Program bagi UMKM

Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% maksimum Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari link khusus yang dibagikan. Komisi Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.

“Affiliate bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, Affiliate bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill sebagai kreator konten dengan kreator konten lainnya yang berpengalaman,” ujar Nirmala.

Tokopedia Affiliate juga bisa membuat strategi affiliate marketing penjual khususnya UMKM lokal menjadi lebih interaktif dan menarik. Pasalnya, Affiliate bisa mempromosikan produk/toko penjual secara lebih kreatif melalui ulasan/video tutorial kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya. Hal tersebut bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

  • Bagikan