Tangan Dingin Erwin Akib, Antar 8 Prodi di FKIP Unismuh Raih Akreditasi Unggul dan A

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) berhasil mencetak quattrick, atau berhasil membuat empat prodinya mencapai akreditasi Unggul dalam tempo sebulan.

Terbaru, Prodi Pendidikan Seni Rupa meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Capaian itu menyusul tiga prodi sebelumnya, yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Bahasa Inggris.

Dengan pencapaian itu, FKIP telah menyumbang 8 dari 18 prodi yang telah meraih akreditasi Unggul atau A di Unismuh Makassar.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib PhD saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 28 November 2022, mengungkapkan beberapa strategi keunggulan yang telah dicapai fakultas yang dipimpinnya.

Dalam setiap pertemuan fakultas, baik formal maupun informal, Erwin selalu menekankan pentingnya membangun budaya berpikir dan bertindak unggul.

“Berpikir dan bertindak unggul harus terpatri dalam sanubari para pejuang di prodi. Cara pandang ini saya tekankan kepada semua prodi, tanpa kecuali,” ujar Erwin.

Ia menyebut contoh Prodi Pendidikan Seni Rupa Unismuh. “Pada saat kita mulai mengisi instrumen akreditasi, bahkan teman-teman di Prodi Seni Rupa hanya menargetkan akreditasi Baik Sekali. Disitulah tugas saya sebagai pemimpin, meyakinkan mereka, bahwa kita punya potensi untuk Unggul,” ujar alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia ini.

Menurut Erwin, yang juga merupakan salah satu asesor LAMDIK, kadang banyak praktik keunggulan yang telah diterapkan suatu prodi, namun mereka tidak menyadari, bahwa praktik itu merupakan bentuk keunggulan.

  • Bagikan