Hari Korpri dan Hari Guru, Bupati Barru: Kita Harus Responsif Kebutuhan Masyarakat

  • Bagikan

Guru harus terus didorong untuk berubah, memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik peserta didik. Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.


"Platform tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan, yang merupakan perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat," terang Bupati.


Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.
Kesempatan yang diberikan bagi para guru untuk mengikuti program Guru Penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini. Program Guru Penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia.

Mereka adalah guru yang menomorsatukan murid dalam setiap keputusannya, yang mampu menjadi mentor bagi guru-guru lainnya, dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam memperjuangkan yang terbaik bagi muridnya. Inilah generasi baru kepala sekolah dan pengawas.

Dijelaskan pula bahwa, dengan program persiapan calon guru masa depan, khususnya melalui transformasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi.(Humas Barru)

  • Bagikan