Murid SD Monginsidi 1 Belajar Mencangkok di Kebun Bosowa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA - Lebih dari 120 murid SD Negeri Unggulan Monginsidi 1 Makassar mengunjungi lahan perkebunan milik Bosowa Agro di Dusun Likuloe, Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (29/11/2022) siang. Didampingi kepala sekolah dan para guru, murid-murid kelas 5 dan 6 itu hadir untuk belajar secara khusus tentang cara mengembangkan tanaman buah.

Kegiatan ini bagian dari  program belajar di luar kelas yang diterapkan di sekolah itu. Selama ini murid-murid hanya mengetahui jenis perkembangbiakan tanaman buah di buku. Mereka juga sama sekali tidak tahu bagaimana caranya bila dipraktikkan secara nyata.

"Kali ini kami mengajak murid kelas 5 dan 6 untuk melihat langsung. Kebetulan pelajaran untuk mereka terkait dengan tanaman, makanya kami pilih ke kebun Bosowa Agro," kata Kepala SD Negeri Unggulan Monginsidi 1 Makassar, Nawawi Hamzah.

Nawawi menjelaskan, khusus murid kelas 6 belajar langsung dari pengelola kebun tentang pengembangbiakan tanaman secara generatif dan vegetatif. Mereka diharapkan bisa paham apa yang dimaksud dengan cangkok, okulasi, dan penyambungan tanaman.

Sedangkan murid kelas 5 belajar tentang ekosistem kebun. Mereka belajar jenis-jenis tanaman buah, belajar bagaimana buah bisa tumbuh, sekaligus melihat langsung bentuk buah di pohon.

Murid-murid menikmati kegiatan itu karena bisa belajar langsung mencangkok dan memanen di kebun seluas 24 hektare. Sembari berpraktik, mereka juga bisa bertanya langsung ke pengelola selama berada di kebun itu.

  • Bagikan