Staf Ahli ESDM: Praktik Pertambangan PT Vale Patut Jadi Contoh

  • Bagikan

Di hari kedua, Sampe dan rombongan menikmati pemandangan Danau Matano di atas raft bersama manajemen, di antaranya COO PT Vale Abu Ashar, Director Environment & Permit Management PT Vale Muh Adli Lubis, dan Senior Manager Stakeholder Relations Yusri Yunus.

Kemudian, rombongan meninjau area tambang dan reklamasi di Nayoko. Di sana mereka menyaksikan aktivitas penambangan bahan baku nikel, sekaligus melihat lahan reklamasi bekas galian tambang. Rombongan juga tidak mengabadikan momen dengan dump truck listrik yang sudah beroperasi di PTVI sejak Bulan Agustus 2022 dan merupakan satu-satu nya dump truck listrik yang beroperasi pada area pertambang di Indonesia.

Selanjutnya rombongan mengunjungi PLTA Balambano, salah dari tiga fasilitas PLTA PT Vale. "Setahu saya PT Vale adalah salah satu perusahaan yang paling banyak menggunakan Energi Listrik dari sumber PLTA pada sektor pertambangan. Selain untuk operasional, PT Vale juga menghibahkan sekitar 10.7 MW kepada PLN untuk didistribusikan kepada masyarakat di Kab Luwu Timur," kata Sampe.

Sampe juga berkesempatan mengunjungi Galeri UMKM Kareso untuk menikmati produk UMKM binaan PT Vale dan Panti Sehat HIPHO. Di sana Sampe beserta rombongan ditemani langsung oleh Direktur External Relations PT Vale, Endra Kusuma.

COO PT Vale Abu Ashar menjelaskan bahwa sejak puluhan tahun PT Vale berkomitmen melakukan penambangan yang ramah lingkungan. “Tentunya ini menjadi penunjang tujuan jangka panjang kami yaitu menuju karbon netral di tahun 2050, ujarnya

  • Bagikan