Sukses di Gowa, Yayasan Hadji Kalla Lanjutkan Program Bantuan Bibit Alpukat di Bantaeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG - Setelah sukses terlaksana di Kabupaten Gowa, Yayasan Hadji Kalla (YHK) melanjutkan program pemberdayaan petani dengan memberikan bantuan bibit dan pohon alpukat di Kabupaten Bantaeng. Mereka memperoleh pembinaan dan pendampingan untuk mengembangkan kegiatan penanaman dan pembibitan alpukat varietas unggul di wilayah tersebut jelang akhir 2022.

Lokasi program yang bekerjasama dengan tim Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT BPP) Uluere berada di Desa Bonto Daeng, Kecamatan Uluere. Jumlah pohon indukan yang diberikan kepada petani sebanyak 30 pohon dengan 2.000 biji untuk pembenihan mandiri persiapan batang bawah. Bantuan ini merupakan hasil dari pembibitan yang telah dihasilkan dari lokasi program sebelumnya di Malino, Kabupaten Gowa.

Perwakilan UPT BPP Uluere, Hendra, menjelaskan, dari beberapa kelompok tani yang ada di wilayah ini, Bangkeng Tabbing menjadi satu-satunya kelompok tani (poktan) yang lolos dalam screening. Mereka pun siap untuk menjalankan program pendampingan tersebut.

"Saya mewakili warga desa dan juga Kelompok Tani Bangkeng Tabbing mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah memilih desa kami dalam program pemberdayaan ini. Tentunya bantuan ini membawa manfaat bagi desa yang nantinya juga dapat berdampak positif pada perekonomian desa,” ujarnya.

Sementara itu, Program Manager Bidang Economic & Social Care YHK, Erny Nurdin, mengatakan, pohon indukan alpukat varietas unggul dengan nama “Wina dan Kalibening” telah diberikan kepada poktan untuk ditanam. Keduanya cocok untuk ditanam di ketinggian 800 hingga 1.200 meter.

  • Bagikan