Tekan Angka Kecelakaan Lewat Penling dan Edukasi Pelajar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Satlantas Polres Parepare terus berupaya menekan angka kecelakaan. Mereka kian masif menggelar edukasi tertib berlalulintas kepada semua golongan masyarakat.

Program Penerangan Keliling (Penling) dan Lantas Go To School jadi senjata andalannya. Khusus untuk Lantas Go To School, sasarannya seluruh pelajar, mulai dari jenjang SD sampai SMA.

Upaya ini duwujudkan dalam program Lantas Go To School, dengan menyasar satu sekolah dalam satu hari. Muatannya seputar tata tertib berlalu lintas, mulai dari mengenal rambu sampai dengan aturan dalam berkendara.

Kasat Lantas Polres Parepare, IPTU Muhammad Arafah mengatakan, program ini diharapkan bisa menjadi solusi tertib berlalu lintas, demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

”Harapan kami sih supaya anak-anak sekolah ini kenal dulu bagaimana menjaga keselamatan dalam berlalu lintas. Apalagi kan kalau usia SMP dan SMA ini sedang panas-panasnya naik motor,” ujarnya.

Sedangkan Penling dilakukan untuk menyasar masyarakat secara luas. Edukasi ini dilakukan dengan cara berkeliling menggunakan mobil patroli di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas.

”Termasuk juga kami edukasi kendaraan besar seperti truk, supaya tidak overload. Karena itu kan rawan kecelakaan juga, dampaknya bisa ke orang lain,” terangnya.

Menariknya, dua program ini dilakukan oleh Polisi Wanita (Polwan). Mayoritas personil yang dikerahkan, baik Penling maupun Lantas Go To School, adalah Polwan. Hanya satu atau dua saja polisi laki-laki. Tujuannya, memberikan sentuhan edukasi yang lebih humanis dan bisa diterima anak-anak dengan lebih mudah.

  • Bagikan