Pemkot Parepare Raih Penghargaan Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Bappenas

  • Bagikan

Integrasi dan pelaksanaan indikator TPB/SDGs ke dalam dokumen perencanaan pembangunan Parepare sebanyak 196 indikator dengan rincian, 116 indikator atau 59,18% telah dilaksanakan dan mencapai atau melebihi target SDGs. Sementara 34 indikator atau 17,35% telah dilaksanakan tapi belum capai target SDGs.

Dan 16 indikator atau 8,16% telah dilaksanakan tapi belum capai target namun ada peningkatan capaian dari tahun sebelumnya. Selain itu, ada 30 indikator atau 16,31% belum dilaksanakan karena kurang data dan belum capai target.

“Pencapaian SDGs Kota Parepare salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat, dengan Inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi,” ungkap Wali Kota Parepare dua periode ini.

Taufan Pawe berharap, program pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Parepare.

Tertuang pada TPB/SDGs sebagaimana indikator pada Program I-SIM for Cities: Tujuan 8. Yakni, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, selaras dengan Prioritas Pembangunan Kota Parepare yang tertuang dalam RPJMD Parepare Tahun 2018-2023 yaitu pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat untuk menurunkan angka kemiskinan.

Terkait inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi berdampak terhadap penurunan perempuan Bukan Angkatan Kerja.

Juga berperan terhadap penurunan kerawanan kemiskinan pada Rumah Tangga Perikanan. Serta membuka peluang usaha bagi kelompok masyarakat lainnya melalui sistem penjualan kembali (Reseller).

Yang menarik karena inovasi ini menumbuhkan kesadaran menabung pada anggota kelompok. Serta meningkatnya permodalan usaha. Terbukti dari serapan kredit usaha yang mencapai Rp660 juta dari sebelumnya hanya Rp285 juta. Kemudian proteksi keselamatan kerja perempuan yang mencapai 112 orang.

  • Bagikan