Pertama Diadakan, 800 Anggota Se-Sulsel Semarakkan Jambore RAPI di Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Radio Antar-Penduduk Indonesia 24 Daerah Sulawesi Selatan akhirnya mencetak sejarah baru. Untuk pertama kali sejak berdiri di tahun 1980, organisasi yang berorientasi komunikasi-sosial ini berhasil menggelar Jambore.

Jambore Radio Antarpenduduk Indonesia(RAPI) 24 Daerah Sulawesi Selatan itu secara resmi dibuka saat Apel Siaga di Alun-alun Citra Mas, Kota Pangkajene, Sabtu, 3 Desember 2022.

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana didampingi Ketua RAPI 24 Daerah Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin membuka Jambore yang akan berlangsung hingga Ahad, 4 Desember.

"Selamat berjambore. Kami pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan merasa sangat terhormat menjadi bagian dari sejarah yang berhasil diciptakan RAPI Sulsel. Menggelar Jambore untuk pertama kali di Sulsel," ujar Syahban mewakili Bupati Pangkep.

Jambore ini diikuti 800-an anggota RAPI Se-Sulsel. Untuk mengantisipasi membludaknya peserta, maka dilakukan pembatasan bahwa mereka yang ambil bagian hanya anggota yang memiliki call sign atau hanya yang terdaftar.

Lewat Apel Siaga itu, 800-an peserta jambore juga berkomitmen untuk ACO. ACO merupakan akronim dari Aktive, Creative, dan Optimism. Prinsip ini wajib dipegang anggota RAPI dalam menjalankan tugas.

"Saya perlu menegaskan kepada semua pihak, bahwa ACO yang akan selalu dipegang para anggota itu bukan unsur politik. Tapi prinsip dalam mengemban amanah sebagai anggota," kata IAS di sela-sela sambutannya.

IAS melanjutkan bahwa Aktif itu bermakna anggota jangan menunggu diminta baru mau menjalankan fungsinya. Creative itu bermakna harus bisa melahirkan pola atau model baru dalam menjalankan tugas. Dan optimism itu bermakna jangan mudah putus asa, tidak muda menyerah, tapi penuh rasa tanggung jawab.

  • Bagikan