Peduli Sungai, Komunitas Anak Sungai Rammang-rammanh Raih Peringkat Ketiga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang, Kabupaten Maros berhasil mendapatkan peringkat ketiga dalam Lomba Komunitas Peduli Sungai tingkat Nasional 2022 di Jakarta. Komunitas ini mewakili Region 3 yakni Sulawesi, Maluku dan Papua,

Ajang yang digelar oleh Direktorat Jendral Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Kementerian PUPR itu, juga dihadiri langsung oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam yang datang mendampingi Ketua Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang, Muhammad Ikhwan selaku penerima penghargaan.

Ketua Komunitas Anak Sungai, Muhammad Ikhwan mengatakan kalau penghargaan yang diterima komunitasnya itu tidak terlepas dari peran serta pihak Pemerintah Kabupaten Maros serta Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jene Berang.

"Ini bukan semata-mata dari komunitas kami saja. Peran dan dukungan penuh Pemkab Maros dan pihak Balai Besar sangat luar biasa menjadikan komunitas kami ini bisa mendapat penghargaan," kata pria yang akrab disapa Iwan Dento, Minggu, 4 Desember.

Menurutnya Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang, telah menjalankan sejumlah program yang dinilai oleh Kementerian PUPR sebagai bentuk kepedulian pada sungai.

"Mulai dari rutinitas pembersihan sungai, program pengendalian sampah hingga produk kerajinan sampah," akunya.

Tidak hanya itu kata dia, komunitasnya juga selama ini mendorong pemanfaatan sungai sebagai ruang hidup yang berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Bahkan, program berkelanjutan seperti rumah belajar bagi anak di wilayah sungai juga terus dilakukan.

"Penilaiannya memang cukup banyak, tapi kita sudah buktikan kalau apa yang kita lakulan selama ini itu bukan hanya untuk lomba saja. Tapi program berkesinambungan dan telah lama kita kerjakan," jelasnya.

  • Bagikan