5 Tips dan Trik Sukses Memulai Bisnis Online

  • Bagikan

Ia pun menambahkan, “Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia juga bisa dimanfaatkan untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.”

  1. Tampilkan Foto dan Dekorasi Toko yang Menarik

Foto yang ditampilkan harus memperhatikan pencahayaan yang baik serta menggunakan latar belakang putih atau polos. Sedangkan untuk dekorasi toko, penjual harus membuat semenarik mungkin. “Hal ini dilakukan untuk menjadi pembeda dari toko lain serta mempermudah pembeli melihat promo dan produk unggulan,” tambah Jonathan.

  1. Tetapkan Harga yang Pantas

“Agar penghasilan sesuai dengan target profit, penjual dapat menerapkan rumus “Harga jual = Modal : (1-% Target profit),” terang Jonathan.

  1. Tentukan Strategi Promosi yang Tepat

Penjual dapat memanfaatkan fitur Promosi Toko untuk menentukan fitur promosi yang ingin digunakan di Tokopedia. Di antaranya TopAds, Broadcast Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas ongkir.

Pemilik usaha Mona Fish, Hartono Samidjan juga turut membagikan pengalamannya. “Fitur TopAds menjadi salah satu andalan dalam mempromosikan ikan-ikan hias saya. Biasanya saya melakukan strategi penggunaan TopAds di akhir pekan dan akhir bulan. Terbukti, fitur ini mendorong jumlah pesanan yang terus meningkat.”

Sementara Marketplace & Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi mengungkapkan, “Sejauh ini, Flash Sale dan Kejar Diskon merupakan fitur yang paling ampuh mendorong penjualan Matchamu. Terbukti sekitar 45% omzet penjualan kami berasal dari penjualan di Tokopedia.”

  • Bagikan