Dua Event Besar Akan Dihelat di Kawasan Geopark Maros Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dua event besar akan dihelat di Kawasan Geopark Maros Pangkep pada Desember ini. Keduanya yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark dan Jambore Geopark Maros-Pangkep.

Even itu rencananya akan digelar 19 Desember hingga 21 Desember mendatang.

Hal itu tertuang dalam rapat koordinasi gang digelar Rabu, 7 Desember.

Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari, mengayakan kalau ini baru peenyampaian awal terkait rencana adanya even besar dalam waktu dekat dan selanjutnya akan ada rakor lanjutan untuk pembahasan lebih detail.

"Jadi akan ada Rakornas Geopark dikawasan Geopark Maros-Pangkep dan juga akan ada kegiatan Jambore Geopark Maros-Pangkep," katanya saat memimpin rakornas.

Namun pihaknya masih menunggu kepastian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait detailnya.

Rundown acara dan penanggung jawab maisng-masing kegiatan akan dibuatkan rakor tersendiri.

"Kemungkinan kita akan melakukan rapat koordinasi lebih detail lagi untuk tupoksi masing-masing. Kita sudah belajar dari pengalaman asesmen kemarin. Kegiatan Geopark memerlukan teknis detail yang memang harus dipersiapkan jauh hari," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Geopark Maros-Pangkep, Teguh Pratama mengatakan, Jambore Geopark yang akan dilakukan ini merupakan jambore Geopark pertama di Indonesia.

Bahkan jika sudah mendapat predikat UNESCO, ini akan menjadi yang pertama di dunia.

"Jambore akan berlangsung di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Terkait hal ini, kita melakukan kolaborasi langsung dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel," katanya.

  • Bagikan