FGD Pangan dan Gizi, Bappeda Makassar Komitmen Penurunan Stunting

  • Bagikan

"Di hulu, pertanian menjadi sektor kunci untuk mewujudkan atus gizi masyarakat yang optimal, tetapi penting untuk memahami interaksinya dengan sektor lain seperti pola asuh, nitasi dan air bersih, kualitas pelayanan kesehatan, serta sosial inklusi yang memiliki peran penting seperti: kemiskinan, pendidikan, budaya, gender, agama, usia, suku, disabilitas, infrastruktur, teknologi dan industri," tuturnya.

Oleh karena itu seluruh sektor yang berkaitan dengan faktor-determinan tersebut perlu diintegrasikan untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi.

Rencana Aksi Pangan dan Gizi menjadi salah satu instrumen penting dalam mengintegrasikan kegiatan pembangunan bidang pangan dan gizi ditingkat pusat maupun di daerah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Termasuk upaya konvergensi penurunan stunting yang tengah gencar dilaksanakan untuk mengejar target RPJMN penurunan prevalensi stunting balita menjadi 14,05 pada tahun 2024.

"Rencana Aksi Nasional (RAN) Pangan dan Gizi juga akan digunakan oleh pemerintah daerah dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-P dengan prinsip dan pendekatan yang sama dalam menyus penajaman aksi tersebut," pungkasnya.

  • Bagikan