Atasi Masalah di Subbagian Perencanaan, CPNS Lutra Ini Ciptakan Inovasi Berbasis Aplikasi Trello

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA --- Perencanaan menjadi instrumen paling penting dalam sebuah organisasi, termasuk organisasi pemerintah. Tanpa memiliki perencanaan yang baik, maka sesungguhnya kita telah merencanakan kegagalan. Untuk itu, butuh pemikiran dan langkah inovatif dalam mengatasi permasalahan di bagian perencanaan.

Adalah Harmila, A.Md.Kom., seorang CPNS yang bertugas di Dinas Kominfo, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Luwu Utara, yang berhasil menciptakan inovasi berbasis aplikasi yang berjudul “Manajemen Tugas Berbasis Aplikasi Trello”, sekaligus sebagai aktualisasi dia pada pelatihan dasar (latsar) CPNS yang diikutinya.

Harmila mengatakan, sejauh ini, pelaksanaan tugas pada subbagian perencanaan, belum berjalan dengan baik disebabkan kurangnya sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana, termasuk banyaknya permintaan data di waktu yang bersamaan, sehingga mengakibatkan lambatnya pengumpulan data, laporan dan pekerjaan lainnya.

“Berdasarkan permasalahan itu, kami membuat inovasi untuk menunjang optimalisasi penyelesaian pekerjaan pada Subbagian Perencanaan dan Pelaporan melalui kegiatan aktualisasi yang kami ikuti pada latsar kemarin,” kata Harmila.

Ia mengatakan, untuk menentukan metode yang akan digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, terlebih dahulu ia mencari referensi serta melakukan literatur review terhadap beberapa aplikasi yang ada, untuk dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan tugas di subbagian perencanaan dan pelaporan.

Maka ditemukanlah sebuah aplikasi yang kemudian disebut aplikasi trello. Aplikasi ini kemudian yang nantinya akan digunakan dalam manajemen tugas di subbagian perencanaan dan pelaporan di Diskominfo-SP.

  • Bagikan