Cegah Anemia dan Stunting, Ratusan Siswi SMPN 4 Masamba Ikuti Simulasi Layanan Inovasi Kapsul Indah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, Luwu Utara -- Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan USAID ERAT terus berupaya mencegah stunting sejak dini melalui inovasi Kapsul Indah atau Komunitas Remaja Putri Sehat untuk Luwu Utara melalui program Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD).

Inovasi ini terbilang baru. Bahkan masih dalam tahapan pengenalan kepada stakeholder terkait, sehingga dibutuhkan sosialisasi masif agar inovasi ini dapat diterima luas dan paling penting dampaknya terhadap penciptaan generasi yang kuat, cerdas dan berkualitas.

Maka dilakukanlah Lokakarya Penguatan Layanan Inovasi Kapsul Indah selama dua hari, 15 – 16 Desember 2022. Menariknya, hari kedua pelaksanaan lokakarya, dilakukan simulasi layanan inovasi Kapsul Indah di SMPN 4 Masamba, Jumat (16/12/2022). Simulasi ini dihadiri ratusan siswi, khususnya siswi kelas 7 – 9.

Sebuah kebanggaan bagi SMPN 4 Masamba bahwa sekolah ini menjadi sekolah pertama yang mendapatkan layanan inovasi Kapsul Indah. Meski bersifat simulasi, tetapi tetap diberikan pelayanan melalui pendekatan hipnoterapi oleh Scientific EEG Hypnoterapist, Nurwahyudianti, S.S., M.HRM.IR., C.Ht., C.T., dari Puslatbang KMP LAN RI, Makassar.

“Kami hadir di sini untuk mengawali rangkaian kegiatan terkait pelaksanaan inovasi di Luwu Utara, yang kami beri nama Kapsul Indah,” ujar Kepala Puskesmas Masamba, Yayuk Winarti, S. St., saat berbicara di hadapan para siswi yang hadir dalam kegiatan simulasi tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa inovasi Kapsul Indah adalah sebuah inovasi yang salah satunya dilatarbelakangi oleh prevalensi anemia yang cukup tinggi pada remaja putri di Indonesia.

  • Bagikan