Inovasi Kapsul Indah Mulai Diperkenalkan, Diharap Percepat Penurunan Stunting di Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA --- Menempati peringkat kedua angka terendah stunting di Provinsi Sulawesi Selatan dan masuk kategori zona hijau, tidak menjadikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara berhenti berinovasi. Malah sebaliknya terus berkomitmen menurunkan angka stunting, dengan harapan target Nasional 14% tercapai.

Melalui inovasi Dinas Kesehatan, Pemda Luwu Utara bersama USAID ERAT telah melahirkan sebuah inovasi baru yang diberi nama Kapsul Indah, yaitu Komunitas Remaja Putri Sehat untuk Luwu Utara melalui program Pemberian Tablet Penambah Darah.

Sebagai langkah awal, sekaligus untuk mengenalkan inovasi ini, Pemda Luwu Utara bersama USAID ERAT, menyelenggarakan Lokakarya Penguatan Layanan Inovasi Kapsul Indah selama dua hari, 15 – 16 Desember 2022, di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba.

“Alhamdulillah, Luwu Utara masuk zona hijau, tetapi ini bukan berarti karena sudah zona hijau, lantas kita tidak replikasi. Oleh karena itu, hari ini kita bertemu untuk mereplikasi apa yang sudah dilakukan Pemda Luwu Utara,” kata Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan, Akram Risa, saat membuka Lokakarya, Kamis (15/12/2022), di Aula Hotel Bukit Indah.

Akram mengungkapkan bahwa dalam RPJMN, salah satu item yang terkoordinat adalah sumber daya manusia (SDM). “Ketika berbicara mengenai sumber daya manusia, salah satu indikatornya adalah kesehatan,” kata dia.

Dikatakan Akram, SDM berkaitan dengan indikator pelayanan, sehingga di mana pun dan apa pun profesi seseorang, salah satu Indikator yang sangat menentukan adalah seberapa jauh dirinya dapat memberi layanan kepada yang membutuhkan layanan.

  • Bagikan