Rakornas Geopark Indonesia, Pemkab Maros Diminta Berdayakan Masyarakat Setempat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark Indonesia 2022 digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin, 19 Desember.

Dalam rakornas itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pun siap mendukung perencanaan dan pengembangan Geopark Maros-Pangkep, guna mempercepat kunjungan wisatawan.

"Bappenas akan membantu mempersiapkan tata kelola dan inovasi pendanaan kepada Geopark Maros-Pangkep. Tidak langsung memberikan anggaran secara langsung tetapi memfasilitasi agar mendapatkan kerjasama,"ungkap Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Bappenas, Nizhar Marizi disela-sela Rakornas Geopark Indonesia 2022.

Apalagi kata dia, Maros-Pangkep baru saja mendapatkan status Global Geopark, sehingga harus mendongkrak sektor pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya.

"Jadi harus bisa memberdayakan masyarakat setempat, dan harapannya setelah empat tahun itu bisa lebih mandiri," katanya.

Menurutnya status Global Geopark memang diperbaharui setiap empat tahun sekali oleh UNESCO.

Sedangkan Sekertariat RAN Geopark, Togu Pardede mengatakan yang harus dilakukan saat ini bagaimana meningkatkan manfaat Geopark.

"Jadi PR kita sekarang itu bagaimana meningkatkan manfaat Geopark itu bagi bumi dan juga masyarakat ekonomi. Masyarakat juga bisa teredukasi kalau mereka tinggal disuatu tempat yang merupakan suatu warisan bumi yang diakui secara Internasional," ungkapnya.

Dia mengatakan kalau saat ini Maros-Pangkep diakui sebaga warisan bumi dunia.

"Warisan itu sesuatu yang berharga, jadi itu juga harus semakin disadari oleh masyarakat agar bisa semakin mencintai dan juga menjaga. Jangan merusak dan berikan manfaat yang berkelanjutan. Geopark bukan Geological Park tapi Sustainable Development Area," ungkapnya.

  • Bagikan