Sekda Luwu Utara Motivasi Gapoktan Kelola Organisasi dengan Baik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA --- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Armiadi, memotivasi para pengurus Kelembagaan Pangan Masyarakat pada kegiatan Temu Teknis Kelembagaan Pangan Masyarakat Subkegiatan Pengembangan Kelembagaan dan Jaringan Distribusi Pangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Jumat (23/12/2022), di Warkop Teras Adira Masamba.

Kelembagaan Pangan Masyarakat yang dimaksud di sini adalah terdiri dari beberapa organisasi kelembagaan pangan masyarakat, seperti Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM), serta Lembaga Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM).

“Karena pertemuan teknis kita pada hari ini menitikberatkan pada penguatan kelembagaan, maka tentu kita berbicara soal bagaimana pengurusnya, anggotanya, usahanya, termasuk bagaimana dengan kelembagaannya itu sendiri,” kata Armiadi, saat membuka Temu Teknis Kelembagaan Pangan Masyarakat.

Armiadi mengatakan bahwa sudah sepatutnya para pengurus kelembagaan pangan masyarakat memahami betul tugas dan fungsinya, sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik. “Kelembagaan itu fungsinya ada 3, yaitu sebagai kelas belajar, sebagai wahana kerjasama, dan sebagai unit produksi. Bahkan ditambahkan lagi sebagai unit usaha,” jelas dia.

Untuk itu, semua kelembagaan harus bergerak mengelola unit usahanya. Dalam artian bahwa usaha yang dikelola itu dapat menggerakkan sektor-sektor produksi, seperti usaha padi sawah atau unit usaha lainnya. “Kalau kita mengurus organisasi, maka kita harus siap berkorban, kita harus hadir menghidupi organisasi, bukan sebaliknya,” ucap Armiadi mengingatkan.

  • Bagikan