Hadirkan Refly Harun, Unismuh Gelar Refleksi Sosial Kebangsaan Akhir Tahun

  • Bagikan
Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Memasuki ujung 2022, Unismuh Makassar menggelar refleksi akhir tahun seputar situasi sosial, politik, dan hukum.

Refleksi tersebut digelar dalam bentuk Kuliah Tamu. Dan, menghadirkan Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun.

Kuliah tamu tersebut dihelat di Ruang Rapat Senat lantai 17, Gedung Iqra, Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, pada Senin (26/12/2022).

Rektor Unismuh Makassar dalam pengantarnya mengungkapkan, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab sosial dalam memandu kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

"Kehadiran Bapak Refly Harun diharapkan mampu memberikan gambaran perubahan situasi sosial politik terakhir dengan pendekatan hukum tata negara. Tentu termasuk dengan gambaran situasi jelang momentum Pemilu 2024," ungkap Ambo Asse.

Sementara itu, mengawali kuliahnya, Refly Harun berterima kasih atas undangan Unismuh Makassar.

Menurutnya, ada tiga hal yang akan dimintai pertanggungjawaban di Hari Akhir. Tiga hal tersebut yakni, keuasaan, harta, dan ilmu pengetahuan.

“Kekuasaan saya tidak punya. Harta juga pas-pasan. Yang saya miliki Ilmu Pengetahuan, saya pernah menempuh pendidikan Sarjana Hukum, Magister Hukum, dan Doktor di bidang Hukum. Meski ada yang bilang SH MH LLM itu singkatan dari Susah Hidup, Makan Hati, Lama-lama Mati,” ungkap Refly Harun yang disambut tawa hadirin.

Dengan latar belakang ilmu tersebut, kata Refly, dirinya memiliki tanggungjawab profetik untuk menyampaikan amar ma’ruf nahi munkar dengan ilmu hukum tata negara.

“Saya mengapresiasi Unismuh yang menggelar ruang refleksi seperti ini, karena insan perguruan tinggi tidak boleh di menara gading,” tukasnya.

  • Bagikan