Selle Soppeng

  • Bagikan

Oleh: Rusman Madjulekka

“JADI maju Pilbup Soppeng?” tanya saya.

"Bismilah," jawabnya.

"Bukankah modal anggota dewan provinsi dua periode, jadi “karpet merah” ke Senayan?”

"Saya pulang kampung, bung…,” tegasnya.

Itulah Ir.Selle Kuasse Dalle, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dua periode (2014-2019 dan 2019-2024). Ketua Fraksi, Pimpinan Komisi sudah diembannya. Dari Demokrat. Rabu 28 Desember 2022, umurnya genap setengah abad. Tulisan ini sebagai hadiah ulang tahunnya.

Sebenarnya awal ceritanya, ia tidak secara eksplisit mengungkapkan niatnya itu. Tapi keadaan sesaat itu yang membuat ia “keceplosan” didesak terus wartawan. Kemudian ramai menjadi judul berita di beberapa media online setempat. Viral. “Saya banyak terima telpon dari kampung,” ujarnya.

Sebagai putra asli kelahiran kabupaten Soppeng, Selle merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi positif bagi kampung halamannya.


SELLE, begitu ia akrab disapa. Dia membiarkan orang memberi tafsir namanya. Hanya saja, namanya itu tidak bisa dipisahkan dengan nama belakangnya: Dalle (yang berarti rezeki, dalam bhs.bugis). Tapi satu kesatuan,baru bermakna.

Orangnya dikenal apa adanya. Tidak pernah menutup diri. Sikapnya terbuka.Tak ada jarak. Apalagi dengan teman-teman jurnalis yang sudah diakrabinya sejak masih aktif sebagai aktivis mahasiswa dan NGO.

Tidak ada rombongan pengunjukrasa yang ia tolak. Tak terkecuali hari itu. Gedung wakil rakyat di Jalan Urip Sumohardjo, Makassar riuh didatangi para penyampai aspirasi. Isunya beragam. Mulai dari lokal maupun nasional. Ada yang protes upah tenaga kerja yang dinilai rendah, ada kelompok mahasiswa yang mengusung tema penolakan kenaikan BBM, UU Omnibus law dan lainnya.

  • Bagikan