Cara Penyusunan Laporan Arus Kas dengan Aplikasi Buku Kas

  • Bagikan

Tak hanya itu saja, dari laporan arus kas ini jadi salah satu cara buat perusahaan untuk semakin berkembang lebih baik lagi. Melalui laporan ini, perusahaan bisa menentukan seperti apa manajemen yang baik, perencanaan yang lebih matang dan terstruktur. Dengan begitu, evaluasi dan perbaikan bisa dilakukan secara maksimal.

Cara Penyusunan Laporan Arus Kas dengan Aplikasi Buku Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang bisa disusun menggunakan dua metode berbeda, yaitu metode langsung dan tidak langsung. Untuk metode langsung, Anda hanya membutuhkan buku kas bank serta buku petty cash. Berikut langkah-langkahnya:

  • Periksa apakah buku kas bank dan petty cash sudah sesuai apa belum. Bila ada yang transaksi ganda, hapus salah satu. 
  • Pisahkan setiap transaksi ke arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.
  • Jumlahkan nominal di setiap komponen arus kas (subtotal). Hitung selisih arus kas masuk dan keluar untuk membuat kenaikan/penurunan kas. Masukkan juga info kas di awal periode dan kas di akhir periode. 

Cukup mudah, bukan? Meski begitu, laporan arus kas adalah pencatatan keuangan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Pastikan Anda mencatat segala transaksi dalam usaha Anda untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Untuk membantu Anda, ada aplikasi buku kas Jurnal by Mekari, yang bisa Anda gunakan untuk mencatat transaksi penjualan toko online, toko offline, media sosial, dan kanal penjualan lainnya. Dengan aplikasi buku kas, Anda tak lagi perlu menghitung secara manual. Serahkan saja semuanya dengan aplikasi buku kas ini!

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan aplikasi buku kas Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah aplikasi buku kas Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

  • Bagikan