Menyoal Keberadaan Tata Kelola Terminal Daya Makassar

  • Bagikan
Terminal Daya


Dr HB Nurdin, MH, CPCE.,QRMI

Pengamat Tata Kelola Transportasi Darat

Membahas keberadaan sebuah kota besar, maka tentu tidak terlepas dari hiruk pikuk aktivitas masyarakat dari berbagai aspek. Sebut saja kota metropolitan, begitulah sebutan kota-kota besar di Indonesia dengan ukuran jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonominya.

Gelar yang disandang sebagai kota metro atau kota dunia sekelas Kota Makassar maka tentu tidak terlepas peran pemerintah dalam menghadirkan tata kelola pemerintahan dan dukungan infrastruktur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya.

Transportasi sebagai sebuah kebutuhan mendasar, maka tentu tidak terlepas dari konsep tata kelola trasportasi yg baik. Olehya mendengar sebutan Makassar Kota Dunia maka tentu yg terbersit di pikiran kita adalah Makassar sebagai sebuah kota terdepan di kawasan Indonesia bagian Timur yg memiliki peradaban transportasi yang maju, sama halnya kota Bogota, Curitiba ,singapura, Kota Surabaya, atau Kota Metro Jakarta di Indonesia.

Salah satu tolak ukur kota dunia atau kota metro sekelas Kota Makassar adalah keberhasilan pemkot menghadirkan layanan angkutan umum yang manusiawi, selamat, aman, nayaman, dan teratur tentunya, yang semua ini harus didukung oleh infrastruktur yang mamadai.

Terminal contohnya, tentu menjadi penting sebagai sebuah simpul pergerakan dan tak jarang terminal di berbagai kota besar tidak hanya menjadi simpul pergerakan orang, kendaraan, dan barang, tetapi juga sebagai TOD (transit oriented development) yang menyuguhkan konsep layanan yang modern dan nyaman.

  • Bagikan