Komitmen Memajukan UMKM, Pemkab Maros Hadirkan Layanan Gratis bagi Pengusaha Kecil

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Untuk terus mendorong kemajuan UMKM dan Koperasi, Pemerintah Kabupaten Maros menghadirkan rumah baru bagi UMKM dengan nama Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM).

Peresmian pusat layanan itu dilakukan serentak di kota Semarang beberapa waktu lalu, bersama 5 daerah lainnya di Indonesia oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin dan Menteri Koperasi UMKM, Teten Masduki.

Bupati Maros, Chaidir Syam menyebut, PLUT KUMKM merupakan program Pemerintah untuk memberikan layanan pemdampingan usaha serta pemberdayaan koperasi secara terpadu dengan berbasis teknologi dari hulu ke hilir.

"Kita ingin menghadirkan rumah yang nyaman bagi semua pelaku UMKM dengan PLUT ini. Salah satu layanannya itu memberikan pendampingan usaha," katanya saat ditemui, Selasa (03/01/2012).

Selain pendampingan usaha layanan baru dibawah Dinas Koperasi Perdagangan dan UMKM itu, juga akan melayani pendaftaran usaha pada sistem perizinan berusaha. Sekaligus, pelatihan teknis dan manajemen.

"Di PLUT ini juga kita akan melayani pemenuhan sertifikasi dan standarisasi produk UMKM agar bisa masuk ke pasar-pasar modern yang memang telah memiliki standar produksi secara ketat," lanjutnya.

Tak cuma itu saja, di pusat layanan itu, kata dia, juga bisa memberikan pelayanan promosi hingga pemasarannya. Bahkan, Pemerintah juga akan membantu pengembangan melalui jejaring kemitraan lintas sektoral.

Dengan kehadiran layanan baru di Pemkab Maros itu, Bupati Maros pun berharap agar sektor UMKM dan Koperasi bisa tumbuh berkembang lebih pesat lagi.

  • Bagikan