Realisasi PAD Lampaui Target, Bupati ASA Apresiasi Kinerja Bapenda Sinjai

  • Bagikan
Bupati ASA

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sinjai. Pasalnya, realisasi Pendapatan Asli Daerah tahun 2022 melampaui target yang telah direncanakan.

Berdasarkan data yang dihimpun, target PAD yang direncanakan oleh Bapenda Sinjai untuk tahun 2022 sebesar Rp105 miliar. Namun, hingga akhir tahun, realisasi PAD justru mencapai Rp111,6 miliar.

Selain itu, realisasi PAD tahun 2022 juga mengalami pertumbuhan dari tahun 2021 yang berada di angka Rp95,6 persen. Tumbuh sekitar 16,79 persen.

Bukan Hanya itu, realisasi PAD juga diikuti dengan pertumbuhan yang sangat signifikan dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah secara non tunai. Tercatat mengalami pertumbuhan hingga 23.603,07 persen dari tahun 2021 ke 2022. Dimana total penerimaan secara non tunai kita di tahun 2021 yang baru sebesar Rp3,1 juta meningkat tajam menjadi Rp736,5 juta di akhir tahun 2022.

Baik melalui QRIS dengan memanfaatkan semua e-wallet maupun melalui Mobile Banking Bank Sulselbar dan Aplikasi Bayar e-Commerce seperti GOPAY, Tokopedia dan Shopee Pay.

Atas capaian ini, Bupati Sinjai memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh Kepala Bapenda bersama jajarannya. Dia pun berharap agar capaian ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk tahun selanjutnya.

Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan potensi penerimaan pajak dan retribusi yang ada. "Apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan atas capaian ini, semoga bisa menjadi motivasi untuk memaksimalkan potensi PAD kita," harap ASA. (sir)

  • Bagikan