Guntur Soekarnoputra: Lebih Dukung Ganjar Ketimbang Puan, Presiden Tak Harus Keluarganya Bung Karno!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Guntur Soekarnoputra mendapatkan sorotan setelah pernyataannya mengundang perhatian karena terkait Pilpres 2024.

Hal tersebut karena sosok yang notabenenya adalah kakak dari Megawati Soekarnoputri ini lebih memilih Ganjar Pranowo ketimbang Puan Maharani.

Hal ini diungkapkannya ketika sedang santernya isu dilema dari PDI Perjuangan akan siapa yang akan maju menjadi jagoan mereka dalam pesta demokrasi mendatang.

"Puan Maharani atau Ganjar Pranowo?" tanya Azizah Hanum, seperti dikutip dari potongan video program Point of View yang ditayangkan di SCTV, Kamis (12/1/2023).

"Ganjar," jawab Guntur tanpa basa-basi. Tentu saja jawaban ini sangat mencuri perhatian karena Puan merupakan keponakan dari Guntur.

Lantas apa alasan pria yang akrab disapat Mas Tok ini sehingga lebih memilih Ganjar? Tanpa basa-basi pula Guntur menegaskan bahwa pemimpin Indonesia tidak selalu harus dari keturunan ayahnya, Soekarno.

"Yang jadi presiden tidak harus keluarganya Bung Karno," tegas Guntur, yang dapat disaksikan lebih lengkap di program Point of View SCTV yang akan tayang pada Minggu (15/1/2023).

Namun pernyataan Guntur ini tentu kembali mengingatkan publik dengan pernyataannya yang pernah viral beberapa bulan lalu. Lewat program wawancara di kanal YouTube Tribunnews, Guntur juga pernah menegaskan hal yang sama.

Menurut anak sulung Presiden ke-1 Soekarno ini, semua orang di Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk menjadi presiden.

"Kalau menurut saya pemimpin politik nasional, dan hal ini presiden, ya tidak harus keluarga Bung Karno. Karena apa? Orang lain punya kesempatan yang sama dan mereka berhak, enggak bisa kita halangi, enggak boleh," tutur Guntur, Selasa (30/8/2022).

  • Bagikan