Bantu Petani Atasi Hama Burung Pipit, Pemkab Maros Kerahkan 650 Personel Gabungan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyikapi serius serangan hama burung pipit di dua Kecamatan di Kabupaten Maros.

Pasalnya selain membuka posko pengendalian pendataan korban serangan hama burung pipit, Pemkab Maros juga mengerahkan sekitar 650 personel gabungan untuk membantu petani dua Kecamatan di Maros, Senin, 16 Januari.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan langkah ini dilakukan setelah adanya laporan petani mengenai serangan burung pipit di area persawahan yang sudah hampir memasuki masa panen.

"Jadi apa yang kita lakukan hari ini merupakan langkah pemerintah daerah untuk membantu petani yang terdampak serangan burung pipit di dua kecamatan, yakni Turikale dan Bantimurung. Bantimurung itu yang terparah," ungkapnya.

Dia mengatakan ada 650 personel gabungan yang diturunkan untuk membantu petani memasang jaring di area persawahan.

"Kita turunkan personel Satpol PP 500 orang, BPBD 100 orang dan pilar sosial tagana 50 orang. Personel gabungan ini kita turunkan untuk membantu petani memasang jaring di area persawahan yang masih bisa diselamatkan," jelas mantan Ketua DPRD Maros ini.

Lebih lanjut kata dia, selama 2 minggu terakhir, sudah ada sekitar 90 hektare sawah petani yang diserang burung pipit.

"Tapi dari sekitar 90 hektare yang terdampak, ada sekitar 50 hektare yang gagal panen,"ungkapnya.

Chaidir berharap agar jaring yang dipasang ini mampu menghalau dan mengurangi populasi dari burung pipit ini. Sehingga area persawahan tersebut bisa terbebas dari serangan burung pipit.

  • Bagikan