Detik-detik Bentrok TKA China vs Pekerja Lokal di Morowali, 2 Pekerja Tewas

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol. Didik Supranoto. (antara)

FAJAR.CO.ID - JAKARTA - Insiden TKA China bentrok dengan pekerja lokal di lokasi industri pengolahan nikel (smelter) PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara, Sulawei Tengah, pada Sabtu (14/1), memakan korban jiwa.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto mengatakan insiden bentrok itu mengakibatkan dua orang tewas. "Meninggal dunia dua orang. Satu TKA (tenaga kerja asing) dan satu TKI (tenaga kerja Indonesia)," kata Didik saat dikonfirmasi, Senin (16/1).

Kombes Didik mengatakan saat ini kondisi telah kondusif. Kendati demikian, personel kepolisian tetap bersiaga di area masuk perusahaan. "Alhamdulillah sudah kondusif, personel tetap siaga di sekitar perusahaan," kata Didik.

Detik-detik Bentrok TKA China dengan Tenaga Kerja Lokal Insiden itu bermula dari aksi anarkistis oleh sekitar 500 pekerja yang mencoba memasuki pos 4 pabrik smelter milik PT GNI untuk melakukan aksi mogok kerja. Mogok kerja itu buntut tujuh dari delapan tuntutan mereka belum disetujui oleh pihak perusahaan.

Kombes Didik mengatakan pihak sekuriti perusahaan juga melakukan penghalangan jalan masuk pos 4.

Namun, langkah itu berujung pada perlawanan dengan melempari dan merusak kantor sekuriti. Selanjutnya, massa menerobos masuk di pos 4, lalu menuju ke mes karyawan dan membakar sebuah mes karyawan hingga rata dengan tanah.

Kombes Didik mengatakan saat personel kepolisian bersama TNI tiba di lokasi berusaha memukul mundur para pekerja. Akan tetapi, kata Didik, langkah aparat itu tak diterima, sehingga terjadi adu mulut yang berujung pada pelemparan ke pihak keamanan.

  • Bagikan