Klaim Pertama di Indonesia, Pemkot Makassar Siapkan 4,7 km Jalur Khusus Como

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, rencananya akan menyiapkan jalur khusus bagi Commuter Metromoda (Co'mo).

Hal itu disampaikan langsung Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, ia mengatakan, rencana ini jika terealisasi akan menjadikan Makassar sebagai kota pertama yang akan menerapkan hal ini.

"Kita bangun 15 unit lagi untuk Makassar," ungkapnya saat ditemui di kedeiamannya, Rabu (18/1/2023).

Walau demikian, ia mengatakan untuk pembahasan lebih lanjut terkait wacana itu sementara ditunda. Karena jabatan Kepala Dinas Perhubungan yang masih kosong.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar, Noorhaq Alamsyah mengatakan total panjang jalur itu akan mencapai 4,7 km.

"Jadi dinas PU siapkan konstruksi jalur transportasinya," jelasnya.

Donny sapaan akrabnya mengatakan pengerjaan jalur khsus tersebut akan dikerjakan menyasar emar jalan, diantaranya jalan Arif Rate, Penghibur, Ahmad Yani dan Sudirman.

Mengingat beberapa jalur itu adalah milik provinsi, maka rencana akan dikoordinasikan sebelum pembangunan dilakukan.

Kendaraan berbasis Electrical Vehicle (EV) ini menurutnya harus memiliki jalur khusus, seperti Trans Jakarta, tidak boleh bercampur dengan kendaraan lainnya.

Operasionalnya sementara ini baru menyasar keempat jalur tersebut, dan terkoneksi dengan lorong wisata.

Untuk jangka panjang pengembangan akan dilakukan dengan menyasar sejumlah jalan-jalan strategis di jantung-jantug kota, khususnya kawasan-kawasan wisata.

  • Bagikan