Ridwan Kamil Gabung Golkar, Jadi Amunisi Besar Hadapi Pemilu 2024

  • Bagikan
Ridwan Kamil menunjukkan KTA tanda resmi jadi kader Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID – Teka-teki ke mana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan berlabuh menyongsong Pemilu 2024 akhirnya terjawab. Mantan wali kota Bandung tersebut memastikan diri untuk bergabung dengan Partai Golkar.

Masuknya tokoh yang akrab disapa Kang Emil itu dideklarasikan di kantor DPP Golkar kemarin (18/1). Di momen tersebut, dia resmi mendapatkan kartu tanda anggota (KTA). Bahkan, Kang Emil langsung menggelar pertemuan dengan pengurus parpol berlambang pohon beringin itu.

Seusai pertemuan, Emil mengatakan, bergabungnya dirinya ke Golkar merupakan bagian dari komitmen untuk terus berkhidmat kepada masyarakat. ”Melalui dimensi baru dengan bergabung parpol,” ujarnya.

Soal dipilihnya Golkar, Emil memutuskan dengan sejumlah pertimbangan. Pertama, secara ideologi, Golkar termasuk partai tengah. Kedua, dari catatan sejarah, Golkar teruji memiliki konsistensi. Ketiga, dia punya hubungan baik dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Terakhir, Emil menilai Golkar punya semangat untuk terus berkarya dan berinovasi. ”Itu mah saya banget,” tutur tokoh kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971, tersebut.

Disinggung tentang kans maju di Pilpres 2024, Emil menegaskan bahwa dirinya akan mematuhi keputusan partai. Sesuai hasil munas terakhir, Golkar telah memutuskan untuk mengusung Airlangga Hartarto. ”Keputusan Pak Airlangga sebagai capres akan saya narasikan ke mana-mana,” jelasnya.

Di tempat sama, Airlangga Hartarto mengatakan, masuknya Emil ke Golkar menjadi amunisi besar. Karena itu, pihaknya langsung memberikan posisi Emil sebagai wakil ketua umum sekaligus tim Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

  • Bagikan