Dampingi Menhub Tinjau KA Sulsel, HBK Minta Penyelesaian Jalur Maros-Mandai Dipercepat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres proyek pembangunan KA Makassar-Parepare, Sabtu (21/1/2023).

Saat ini, jalur kereta yang sudah dioperasikan yaitu mulai dari Stasiun Garongkong-Stasiun Maros sepanjang 80 km.

Hamka mengatakan jika jalur Maros-Mandai sepanjang 4 km telah diselesaikan, maka total panjang jalur yang dapat dioperasikan menjadi 84 km, mulai dari Stasiun Garongkong sampai Stasiun Mandai.

"Walaupun rutenya hanya sampai Kabupaten Maros, setidaknya masyarakat Sulsel akhirnya bisa menikmati kereta api," tutur Politisi Golkar tersebut.

Menurutnya kereta api ini menjadi cikal bakal kereta trans Sulawesi. Master plan sudah dibuat, tinggal dilaksanakan oleh penerus Jokowi nantinya.

Budi Karya bersama Komisi V DPR, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Prasarana Kereta Api Harno Trimadi, Bupati Maros Chaidir Syam, serta Kepala Dishub Sulawesi Selatan Muhammad Arafah juga menjajal kereta api menuju Stasiun Garongkong yang berada di dekat Pelabuhan Garongkong.

Menhub mengatakan, selain melayani penumpang, KA Makassar-Parepare ini juga akan melayani distribusi logistik melalui angkutan kereta barang di antaranya yaitu di Pelabuhan Garongkong serta Kawasan Industri Semen Tonasa dan Bosowa.

Sasaran utama dari keberadaan transportasi publik ini untuk menghubungkan wilayah atau perkotaan, sebagai penunjang aktifitas ekonomi masyarakat, terutama untuk pendistribusian barang dan komoditas pertanian, pariwisata, maupun sosial budaya.

  • Bagikan