Empat Mahasiswa Pascasarjana Unifa Jadi Pembicara Seminar Bertema Generasi Z dan Media Sosial

  • Bagikan

Darmawati, kemudian memaparkan dampak positif dan negatif media sosial terhadap Gen Z. Ia menyebutkan dampak positifnya, antara lain mempopulerkan eksistensi mereka, sebagai media menghasilkan uang, dan dijadikan sebagai media belajar. "Tapi ada dampak negatif yang juga tak terhindarkan, yakni mudahnya menerima hoax, kecanduan game online, rentan penipuan, dan bahkan bisa mengganggu mentalnya," ujar Darmawati.

Nurfajri Mursalin yang tampil sebagai pembicara ketiga menyampaikan perihal etika dalam bermedia sosial.

Menurut Farji, generasi Z yang lekat dengan media sosial sejatinya memiliki etika sebagai pegangan moral dalam interaksinya dalam media sosial. Hal itu sangat diperlukan agar generasi Z tidak terjerumus dari dampak negatif perkembangan teknologi. "Etikanya adalah memastikan kebenaran informasi sebelum disebar, tidak menjelekan atau menghina orang lain, tidak membagikan informasi pribadi yang bisa dimanfaatkan penjahat, dan tidak melakukan cyberbullying," terang Farji.

Sebagai pembicara penutup, Pratiwi Puji Lestari menegaskan bagaimana menjadi generasi Z yang bermoral dan bijak bermedia sosial. Gen Z harus mendapatkan pendidikan karakter yang mengedepankan esensi dan akhlak agar mampu membentuk pribadi yang baik.

"Itu sebagai upaya menjaga generasi Z tidak terjerumus ke arah negatif di tengah arus perkembangan teknologi dan informasi," terang Pratiwi.

Selain empat pembicara dari mahasiswa Pascasarjana Unifa, seminar ini juga menghadirkan Dr. Citra Rosalyn Anwar sebagai keynote speaker. Dosen Magister Ilmu Komunikasi Unifa ini menyampaikan bahwa hal utama yang diperlukan generasi Z hari ini adalah literasi digital. Menurutnya, upaya untuk membuat generasi Z melek literasi digital akan meminimalkan dampak negatif dari pengaruh media sosial terhadap mereka. "Ada banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan oleh generasi Z terhadap media sosial. Hanya saja, itu perlu tetap diarahkan dan diberi rambu-rambu batasan agar tidak melenceng jauh," katanya.

  • Bagikan